Tips Mengatasi dan Menghadapi Sifat Manusia Yang Egois

June292012
Tips Mengatasi dan Menghadapi Sifat Manusia Yang Egois by Akhmad

Assalamualaikum wr. wb...

Kali ini saya mencoba untuk membahas tentang sifat egois, sifat egois adalah sifat yang ingin selalu menjadi yang terdepan, pemenang, terhebat, mementingkan diri sendiri, tidak mau membantu masalah orang lain. Intinya sifat egois ini tidak baik jika ada pada diri anda, karena jika anda mempunyai sifat egois maka bisa dipastikan tidak akan disenangi oleh teman-teman anda dan orang lain.

Pada dasarnya semua makhluk hidup ada mempunyai sifat egois dalam dirinya, bukan hanya manusia yang mempunyai sifat yang egois, hewan dan tumbuhan pun juga demikian dalam memperebutkan suatu makanan atau yang lainnya.

Adapun jenis-jenis sifat egois yang dimiliki oleh manusia, menurut saya adalah:



Sifat egois yang muncul pada saat anda mendapat masalah, misalnya temanmu meminta bantuan untuk menyelesaikan masalahnya tapi anda juga mempunyai masalah, maka anda akan mendahulukan masalah anda sendiri.

Sifat egois tingkat rendah, kadang-kadang egois dan kadang-kadang tidak egois.

Sifat egois tingkat sedang, membantu masalah orang lain jika ada untungnya.

Sifat egois tingkat tinggi, sama sekali tidak peduli terhadap masalah orang lain dan hanya berbuat sesuatu yang untuknya saja.





Tips Mengatasi Sifat Manusia Yang Egois



Yang pertama, niat yang tulus untuk menghilangkan sifat egois, jika tidak ada niat untuk merubah sifat egois anda, maka cara apapun yang anda lakukan akan tidak ada hasilnya, karena kata orang bijak "niat adalah awal dari segalanya". Jadi tanamkan terlebih dahulu niat dihati anda bahwa anda akan merubah sifat egois dengan tulus tanpa paksaan apapun untuk berubah.

Yang kedua, perhatikan disekitar kehidupan anda, apakah ada orang yang kehidupannya dibawah anda, misalnya ada anak jalanan atau pengemis. Coba beri perhatian kepada mereka baik berupa memberi bantuan tenaga maupun sekedar uang saja, pada kebanyakannya orang akan menjadi egois karena melihat keatas dan ingin seperti itu juga (melihat keatas bukan berarti langit ya sob biggrin, tapi melihat orang yang kehidupannya diatas anda).

Yang ketiga, coba ubah pandangan anda terhadap kepunyaan benda milik anda, anggaplah semua hal yang anda miliki saat ini adalah bukan milik anda, karena memang bukanlah milik anda, lho kenapa ?. Semua milik anda saat ini cuma pinjaman dari yang Maha Kuasa termasuk nyawa dan tubuh anda sendiri. Dengan menanamkan prinsip ini didalam pikiran anda maka anda tidak akan merasa keberatan jika sedikit atau banyak dari harta anda yang dipinjami oleh yang Maha Kuasa diberikan kepada orang lain. Dan hal ini juga bermanfaat ketika anda kehilangan harta benda, anda tidak akan merasa begitu sedih karena anda menganggap harta benda pinjaman tadi telah diambil kembali oleh pemilik-NYA atau diberikan lagi kepada yang lain.

Yang terakhir, lakukan kepedulian dari hal-hal kecil dan berdoa lah kepada yang Maha Kuasa agar sifat egois anda dihilangkan atau dikurangi, karena yang Maha Kuasa lah yang dapat membolak-balik sifat makhluk hidup.





Tips Menghadapi Sifat Manusia Yang Egois



Jika anda mempunyai sahabat atau apapun namanya yang mempunyai sifat egois, jangan langsung memutuskan tali silaturrahmi, ada baiknya jika anda sedikit bersabar dan mencoba mengetahui apa sebabnya ia menjadi egois.


Setelah anda mengetahui sebabnya, coba anda bantu selesaikan masalahnya terlebih dahulu dan jika memang sifat egois tertanam dari kecil coba anda ajak dia ketempat yang kamu anggap membutuhkan kepedulian, seperti panti asuhan, tempat yang terkena musibah, dan lain-lain.


Jika sifatnya masih belum berubah juga, coba kamu beri kritik dan saran dengan bahasa yang lembut, karena setahu saya kalau orang egois pasti dibarengi sifat keras kepala.


Yang terakhir, jika ia belum juga mengubah sifatnya, maka anda beri peringatan dengan tegas kepadanya untuk merubah sifatnya atau kalau tidak hubungan anda dengan dia akan berakhir, hal ini dapat memberikannya pengevaluasian terhadap dirinya sendiri.



Demikianlah tips-tips sederhana dari saya, atas perhatiannya saya ucapkan ribuan terima kasih.

Sampai Jumpa. ranger

Waalaikumsalam wr. wb...


Salam Persahabatan Selalu



Tags:
Tips Agar Tidak Mudah Vakum Dari Blogging

Tips Mengatasi dan Menghadapi Sifat Manusia Yang Egois
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

41 responses to "Tips Mengatasi dan Menghadapi Sifat Manusia Yang Egois"

Aeldhie on 11:01 AM, 29-Jun-12

Kunjungan pagi sob,, postingan yg brmanfaat, kunbal ea...

Akhmad™ on 11:10 AM, 29-Jun-12

@Aeldhie, weleh2, cepat amat sob, komentx bru aja dipost, nungguin room following ya,, hahay...

abdussalam on 11:10 AM, 29-Jun-12

smoga aku bisa sob
biggrin

Dicky Perdana on 11:12 AM, 29-Jun-12

hadir sob.. kunjungan pagi nih.. mantab nice info sob.. biggrin

Akhmad™ on 11:22 AM, 29-Jun-12

@abdussalam, amin...

Eddy Mahendra on 12:08 PM, 29-Jun-12

Wah...wah, nich blog mkin keren az...
Trz berbagi sobt.. biggrin


Btw jgn lupa kunbalnya ya? Gx ada loe gx rame

denny on 12:36 PM, 29-Jun-12

nanti tak coba ilmunya mas smile

Rezza rijki adiputra on 01:00 PM, 29-Jun-12

Okeh akan aku coba. Heehehe...

GUDEL™ on 02:29 PM, 29-Jun-12

TOP dah

Mazaziz on 05:16 PM, 29-Jun-12

mkch Tips Mengatasi dan Menghadapi
Sifat Manusia Yang Egois nya kawan

Akhmad™ on 06:22 PM, 29-Jun-12

@Mazaziz,
sma2 sob.

ADMIN http://gammy.mywapblog.com ® on 09:24 PM, 29-Jun-12

rasanya belum lengkap kalau ga mampir ke blogmu

info yg manfaat
Makasih sob,

gammy.mywapblog.com/cerita-rock-n-roll-kuplus-opera-mobile-o.xhtml

FILAUHIM MAHFUD™ on 08:12 AM, 30-Jun-12

FOLOW SUKSES B0Z, DI TUNGGU FOLBEKNYA YA
http://filauhim.heck.in/

Ikbal Sang Gretongers on 02:30 PM, 30-Jun-12

arrow MANTAB
arrow

lol mrgreen razz cry razz mrgreen lol

Kalo ada waktu
Di tunggu kunjungan baliknya yah
http://ikbalrobiyana.mywapblog.com

Ikbal Sang Gretongers on 02:30 PM, 30-Jun-12

arrow MANTAB
arrow

lol mrgreen razz cry razz mrgreen lol

Kalo ada waktu
Di tunggu kunjungan baliknya yah
http://ikbalrobiyana.mywapblog.com

Sholih Puntuk on 08:34 PM, 30-Jun-12

phostinganya sangat bermanfaat sob! Makasih yah dah berbagi ilmu!
http://sholihclcp.mywapblog.com

I Gede Adi Surya Eka Pramana Putra on 01:05 AM, 01-Jul-12

Wah bagus artikelnya, kayknya perlu dbca artikel q yg berjudul 7 sifat setan yg harus di tiru manusia

Ani on 06:50 AM, 01-Jul-12

Artikel nya bermanfaat jg sob, smile

BINEX on 11:02 AM, 01-Jul-12

yang ini (Sifat egois tingkat rendah, kadang-kadang egois dan kadang-kadang tidak egois.) aku banget smile btw tipsnya bermanfaat bgt. Tapi alhamdulilah jarang2 orang2 dkat aku punya sifat egois

Akhmad™ on 12:49 PM, 01-Jul-12

@BINEX,
tapi itu cuman menurutku sob.

Jokopurnomo on 06:39 PM, 01-Jul-12

met sore sob.nice artikel.sangat bermanfaat.ijin follow.salam persahabatan

Ahmadz s60v5 blog's on 11:20 PM, 01-Jul-12

domainnya belum jd ko...mungkin besok udah jd!

Ahmadz s60v5 blog's on 11:23 PM, 01-Jul-12

ntar klo jadi terserah ente mau di taruh dimana aja bisa....ok ditunggu aja...

ibnu gunar on 01:57 PM, 03-Jul-12

kunjungan siang master, numpang berteduh dsn ya.

D tnggu kunjungan nya ya master di

http://gunar.mywapblog.com

Babar O'on on 08:48 AM, 04-Jul-12

kunjungan pgi brada, sklian izin follow. Jgn lupa folback ya...

Ikoz on 11:35 AM, 04-Jul-12

selemat siang brada,nice share,maaf bru bsa mampir,

Almanac on 12:47 PM, 04-Jul-12

Salam kenal aj sob ane tunggu kunjungannya ke blog ane

Mugiyanto|Cah Sialang on 02:06 PM, 04-Jul-12

kunbal nih sob, skalian blog udah ku folo

Sena Ericsson on 05:53 PM, 04-Jul-12

kunjungan perdana sob,..nyimak aja skalian follow..dtunggu kunbal n
follbackx yah..biggrin
btw postinganx sgt brmanfaat..

Locky on 06:13 PM, 04-Jul-12

kunjungan pertama bos, di tunggu kunbal dan follownya

Reyhan on 08:48 AM, 05-Jul-12

nyimak gan

ĮpảŇĞ ĐİŇίgŖŤᓮ on 06:36 AM, 06-Jul-12

kunjungan pagi sob smile Kunbal dong www.diningrat.com . Jangan lupa klo berkenan follow

Pathie Respect on 08:34 AM, 06-Jul-12

kalau ngadepin sifat cwe yg manja gmn gan. .

Akhmad™ on 11:38 AM, 06-Jul-12

@Pathie Respect,
ini jawabannya sob => http://akhmad113.mywapblog.com/tips-menghadapi-sifat-cewek-yang-terlalu.xhtml

Semoga bisa membantu.

abubakar on 01:26 AM, 11-Dec-12

memang betul sifat egois pasti juga tertanam sifat keras kepala
namun saya sudah pernah mencoba kepada seorang pacar saya yang keras kepala dan egois
semua berawal dari seringnya perkelahian
dan iapun mulai egois dan ingin merasa benar terhadap kesalahan dia
sehingga dia sewenang tanpa tidak pedulinya membuat saya sakit hati
lalu sya mencari jalan
pertama
saya mencoba untuk adil dan lembut berbicara pelan
tetapi tidak berhasil
kedua saya mencoba untuk tegas dan memutuskan kontak untuk beberapa hari
ketiga
saya mencoba cuek dan seperti tidak perduli dia mw berbuat apa dan berpikir positif terhadap dia
dan cara itu berhasil
dia sekarang berubah dengan sendirinya

Akhmad on 10:17 AM, 11-Dec-12

@abubakar,
selamat ya biggrin

Meri on 11:50 PM, 12-Dec-12

Saya orangnya keras kepala,egois.
Saya selalu ingin menang dri.
Pasangan saya jha bosan dgn sikap saya.
Saya gk tahu,??? neutral
Yg saya tahu dri kecil kelas 6 sd saya sudah kerja keras.
Pha itu penyebab saya kek gini.
Sampai krg saya krja untuk org tua.

Akhmad on 10:57 AM, 13-Dec-12

@Meri,
egois muncul karena tidak merasa cukup apa yang anda miliki sekarang ini. coba sukuri itu dulu

Giea on 09:00 PM, 19-Dec-12

mudah2an Saya bisa merubahnya..
Dan juga dpat merubah sifat egois teman saya..

Akhmad on 08:16 AM, 20-Dec-12

@Giea,
Amien, asal ada niat yang kuat untuk berubah, insya Allah bisa.

@Dhiah.iyut on 06:05 PM, 20-Jan-14

orng blng shbat tdk akn mnjadi mantan , tetapi aku mempunyai mantan shbat ! sad

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(You can use BBCode)

 
Back to Top